TOKO JAM 2ND :
Home » » TEMPAT WISATA DI KOTA PALANGKA RAYA

TEMPAT WISATA DI KOTA PALANGKA RAYA

Written By admin on Kamis, 21 Maret 2013 | 20.52

Bagi warga Palangka Raya mungkin sudah kenal dengan beberapa lokasi wisata yang ada, namun ketika ditanyakan oleh para pelancong maupun turis mungkin agak gelagapan juga untuk menjelaskannya.  Berikut beberapa lokasi wisata di kota Palangka Raya yang diambil dari beberapa sumber :

1.  Bukit Tangkiling

Central Kalimantan
Bukit Tangkiling berada sekitar 30 Km dari Kota Palangka Raya, dapat dicapai dengan perjalanan darat.
Taman wisata alam Bukit Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, merupakan objek wisata andalan Kota Palangkaraya. Objek wisata ini dinilai memiliki dayak tarik tersendiri karena menyimpan banyak spesies flora dan fauna.



Bukit Tangkiling terdiri dari  sembilan bukit batu serupa yang tersebar mengelompok yaitu Bukit Tangkiling, Bukit Batu/Tunggal, Bukit Liau, Bukit Buhis, dan Bukit Baranahu, Bukit Tisin, Tabala, Klawit, dan Bukit Bulan



2. Danau Tahai 

 Obyek wisata Danau Tahai terletak di desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, berjarak sekitar 29 Km dari Pusat Kota Palangka Raya. Untuk mencapai ke lokasi sangat mudah, yaitu hanya memakan waktu sekitar 30 Menit baik dengan menggunakan Kendaraan Roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan kondisi jalan aspal yang cukup bagus.
Direkomendasikan datang berkunjung pada saat musim hujan, soalnya pada saat musim kemarau danau akan surut .


3. Taman Arboretum Nyaru Menteng

Jika sudah bosan bermain di danau Tahai , datanglah ke Arboretum Nyaru Menteng, lokasi bersantai sambil menikmati keindahan hutan kalimantan.  Letaknya malah sebelum danau Tahai.. terdapat jembatan kecil sebagai sarana menjelajahi kawasan hutan. Terakhir kesana banyak terdapat monyet liar, jangan coba-coba menggangu kalo tidak ingin diserang kawanan monyet.

Di dalam kawasan ini juga terdapat pusat rehabilitasi orang utan, biasanya buka hari sabtu,minggu dan hari libur.  Tersedia juga beberapa souvenir bertema orang utan sebagai oleh-oleh .


4.  Pulau Kaja dan Danau Bengamat
Terletak di desa Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu, Tangkiling. akses melewati jalan darat ke desa Sei Gohong, kemudian dilanjutkan dengan sewa perahu/klotok dengan masyarakat sekitar atau langsung lewat pelabuhan Tangkiling.  
Danau ini mengapit 2 buah pulau yang dikelola oleh Yayasan BOS, sebagai tempat pelepasan sementara orang utan.



Jika anda datang di saat musim kemarau, anda bisa menikmati lembutnya pasir putih dipinggiran sungai, yang sering dimanfaatkan warga sebagai lapangan sepak bola.
Dari sisi sebelah pulau Bangamat anda bisa langsung melihat orang utan di Pulau Kaja, bahkan di musim kemarau anda bisa menyebarang dengan berenang, pada saat tertentu air hanya setinggi dada.
Saat tepat untuk melihat aktivitas orang utan adalah pagi hari dan sore hari saat mereka diberi makan.



Untuk anda yang hobi memancing, jangan lupa siapkan peralatan anda, cukup dengan duduk di lanting atau pinggir sungai, dengan mudahnya ikan lais, banung dan pantik terkait. Atau mau ke tempat pemancingan lainnya, silakan minta diantar dengan klotok oleh warga sekitar.
Di desa ini juga anda dapat mandi di sungai berbatu yang jernih, merupakan tempat mandi warga desa. Airnya sejuk dan jernih, ikan pun bisa terlihat jelas, atau anda juga bisa minta diantar untuk masuk ke lokasi hutan yang asri di belakang desa ini. (pengalaman selama KKN)

5.  Danau Kereng Bangkirai
Danau Kereng Bangkirai terletak pada sebuah Kelurahan di Kota Palangkaraya. Kelurahan ini mempunyai nama yang sama dengan nama danau, yaitu Kereng Bangkirai.  Dapat ditempuh dengan kendaraan darat sejauh 15 km dari kota Palangka Raya. Dahulu sering dijadikan lokasi lomba dayung mulai skala lokal sampai tingkat nasional, entah kenapa sekarang gaungnya seolah menghilang.                                                                               
Anda juga dapat menyalurkan hobi memancing, karena wilayah ini terkenal sebagai salah satu lokasi pencarian ikan di Palangka Raya.



6. Wisata Susur Sungai
Sudah bosan melewati perjalanan darat, anda juga dapat menyusuri sungai Kahayan dengan mengikuti  tour yang diselenggarakan oleh Biro Perjalan Wisata  (Kalimantan Tour Destinations.) 


Share this article :

3 komentar:

komang mengatakan...

Sebenarnya potensi wisata di kelurahan sei gohong. Kec. Bukit batu sangay besar, namun selama ini belum dikelola dengan serius.. http://kelurahan-seigohong.blogspot.com/2014/12/rencana-penataan-sungai-batu-sebagai.html

Anonim mengatakan...

admin pernah KKN di daerah Bukit Batu?
boleh donk share pengalamannya

nuza mengatakan...

Good artikel, for more click http://kelurahan-seigohong.blogspot.com/2014/12/profil-kelurahan-sei-gohong.html

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INFORMASI KOTA PALANGKA RAYA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger